Search

Film Parasite, Bahayanya Ibu Rumah Tangga Gampang Percaya Pada Orang - Haibunda

Jakarta - Film Parasite kini tengah menjadi perbincangan, Bun. Film yang disutradarai Bong Joon Ho ini berhasil mendapatkan 4 piala di Oscar 2020 yang berlangsung Minggu (9/2/2020) waktu setempat.

Parasite menjadi film pertama non-English yang meraih 'Best Picture' atau film terbaik. Selain itu, film asal Korea Selatan ini menang di kategori 'Best Original Screenplay' dan 'International Feature Film'. Sedangkan, Bong Joon Ho berhasil meraih penghargaan sebagai sutradara terbaik.


Film Parasite memiliki alur cerita yang cukup unik. Tak seperti kebanyakan film Korea yang bernuansa romantis, Parasite dikemas dengan konflik drama berbalut komedi gelap.


Bercerita tentang suami istri bernama Ki Taek dan Chung Sook. Keduanya memiliki sepasang anak laki-laki dan perempuan bernama Ki Jeong dan Ki Woo.

Keluarga Ki Taek tinggal di basement apartemen dengan ekonomi yang sulit. Keempatnya bisa dibilang pengangguran karena tak punya pekerjaan tetap.

Suatu hari, teman Ki Woo menawarkan pekerjaan sebagai guru les Bahasa Inggris di rumah keluarga kaya Park Dong Ik. Ki Wo lalu menerima tawaran dan bekerja di sana.

Melihat keluarga Park Dong Ik, terutama istrinya yang ibu rumah tangga mudah dibohongi, Ki Wo membuat rencana agar semua anggota keluarganya bisa bekerja di rumah Park. Akhirnya, kedua orang tua dan adik Ki Wo menyamar dan menipu untuk bekerja di sana.

Mereka menjadi orang asing yang berpura-pura tak mengenal satu sama lain. Saat penghuni rumah tak ada, keluarga ini akan bertindak seenaknya di rumah, merasakan hidup jadi orang kaya.

Potongan adegan di film ParasitePotongan adegan di film Parasite/ Foto: Istimewa

Sayangnya rencana mereka tidak berjalan baik karena mantan asisten rumah tangga (ART), kembali untuk mengungkap rahasia di rumah keluarga Park. Saat itulah, konflik antara keluarga Ki Taek, Park, dan mantan ART dimulai.

Film Parasite menceritakan tentang kesenjangan sosial yang berdampak pada banyak hal dalam kehidupan manusia. Dalam hal kehidupan sehari-hari, film ini mengajarkan kita untuk lebih waspada pada orang asing.

Sikap keluarga Park yang mudah percaya dan dipengaruhi orang asing adalah hal yang tak patut dicontoh, Bun. Menurut profesor psikolog dari Georgia Gwinnett College, David Ludden Ph.D., percaya dengan orang asing memang sudah menjadi bagian integral di kehidupan modern seperti sekarang.

"Tanpa kemauan mempercayai orang asing, dunia modern akan runtuh," kata Ludden, dikutip dari Psychology Today.


Meski begitu, menurut model rasional yang dikembangkan oleh para ekonom, kita harus berasumsi bahwa orang lain akan mengambil keuntungan dari kita jika dibiarkan. Model ini menyatakan, manusia memiliki sikap untuk memanfaatkan kepercayaan.

"Ini artinya kita hanya harus mempercayai seseorang sejauh kita bisa memaksa mereka untuk memenuhi janjinya," ujar Ludden.

Di dunia yang keras ini, kebanyakan orang yang berinteraksi dengan kita adalah orang asing. Namun agar bisa bertahan, menurut Ludden, kita harus memercayai orang asing tersebut tanpa membiarkannya memanfaatkan kita.

Bunda, simak juga tes kepatuhan anak agar tahu interaksi si kecil dengan orang asing, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMifmh0dHBzOi8vd3d3LmhhaWJ1bmRhLmNvbS9tb21zLWxpZmUvMjAyMDAyMTAxNTE2MDMtNzYtODA0MDIvZmlsbS1wYXJhc2l0ZS1iYWhheWFueWEtaWJ1LXJ1bWFoLXRhbmdnYS1nYW1wYW5nLXBlcmNheWEtcGFkYS1vcmFuZ9IBAA?oc=5

2020-02-10 10:06:42Z
52782030949075

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Film Parasite, Bahayanya Ibu Rumah Tangga Gampang Percaya Pada Orang - Haibunda"

Post a Comment

Powered by Blogger.